dampak mobilitas sosial

Dampak Mobilitas Sosial

Dampak Positif

Mendorong Seseorang untuk Lebih Maju

Terbukanya kesempatan untuk pindah dari satu strata ke strata yang lain menimbulkan motivasi yang tinggi pada diri seseorang untuk maju dalam berprestasi agar memperoleh status yang lebih tinggi.

Mempercepat Tingkat Perubahan Sosial Masyarakat ke Arah yang Lebih Baik

Mengan mobilitas sosial, masyarakat selalu dinamis bergerak mencapai tujuan yang diinginkan.

Meningkatkan Integrasi Sosial

Terjadinya mobiltas sosial dapat meningkatkan integrasi sosial, misalnya seorang yang melakukan mobilitas sosial vertikal, ia akan menyesuaikan dirinya dengan gaya hidup, nilai dan norma yang dianut oleh kelompok orang dengan status sosial yang baru sehingga tercipta mobilitas sosial.

Dampak Negatif

Timbulnya Konflik

  • Konflik Antarkelas

Dalam masyarakat terdapat lapisan-lapisan sosial yang disebut kelas sosial. Apabila terjadi perbedaan kepentingan antarkelas sosial maka bisa memunculkan terjadinya konflik sosial. Hal tersebut bisa mengganggu keseimbangan sosial, yang berkaitan dengan berbagai kepentingan seperti ekonomi, politik atau kepentingan sosial sehingga terjadi benturan kepentingan yang menimbulkan konflik antarkelas.

  • Koflik Antar Kelompok Sosial

Konflik antarkelompok sosial bisa berupa konflik antara kelompok sosial yang masih tradisional dengan kelompok sosial yang modern. Atau, suatu kelompok sosial tertentu terhadap kelompok sosial lain yang memiliki wewenang.

  • Konflik Antargenerasi

Konflik yang terjadi karena adanya benturan nilai dan kepentingan antara generasi satu dengan generasi lainnya dalam mempertahankan nilai-nilai lain dengan nilai baru yang ingin mengadakan perubahan.

Berkurangnya Solidaritas Kelompok

Penyesuaian diri dengan nilai dan norma yang ada dalam kelas sosial yang baru merupakan langkah yang diambil bagi seseorang yang melakukan mobilitas vertikal maupun horizontal. Hal ini agar mereka dapat diterima dalam kelas sosial yang baru dan mampu menjalankan fungsi-fungsinya. Hal ini yang akan menimbulkan berkurangnya solidaritas terhadap kelas sosial yang lama.

Timbulnya Gangguan Psikologis

Mobilitas sosial dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang seperti menimbulkan rasa takut dan kegelisahan bagi seseorang yang mengalami mobilitas turun. Adanya gangguan psikologis apabila seseorang turun dari jabatannya. Atau bisa juga mengalami frustasi atau putus asa bagi orang-orang yang ingin naik ke lapisan atas tetpi tidak bisa mencapainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s